Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Entertainment » Urusan Film Adaptasi Anime, Jepang Ahlinya

Urusan Film Adaptasi Anime, Jepang Ahlinya

(1836 Views) January 14, 2015 7:00 am | Published by | 3 Comments

aangballsInfoSiana.com – Kalau bicara mengenai anime, Jepang pasti otomatis muncul dalam benak kita. Karena dari Jepang-lah anime berasal. Tidak sedikit pula film yang diproduksi dengan mengadaptasi dari anime. Tentu saja, mengadaptasi anime untuk dijadikan film dengan tokoh nyata dan cerita yang menarik bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan. Bahkan Hollywood yang notabene adalah pusat terbesar produksi film, tidak mampu membuat film adaptasi anime dengan baik. Ini terbukti dari dua film produksi Amerika yang mengadaptasi dua anime yang populer di dunia. Kedua anime yang berbeda masa namun sama-sama digandrungi penggemar anime di seluruh dunia itu adalah Dragon Ball dan Avatar: The Legend of Aang.

Hollywood dianggap gagal mengadaptasi anime Dragon Ball ke dalam sebuah film karena film hasil produksinya yang berjudul Dragonball Evolution sangat tidak sesuai dengan versi anime-nya yang sudah melegenda. Mulai dari karakter hingga alur ceritanya sangat tidak memuaskan para penggemar. Begitu juga dengan Avatar, meskipun sudah lebih baik dari film Dragon Ball, namun tetap belum bisa memuaskan para penggemar versi animenya. Jadi apakah tidak ada film adaptasi anime yang bagus? Jika film itu buatan Amerika, jawabannya mungkin memang iya. Tetapi ada beberapa film yang diadaptasi dari anime mampu memberikan kepuasan bagi para penggemar film maupun anime. Dan pembuat film tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah negara berasalnya anime itu sendiri, yakni Jepang.1kenshin

Tiga film produksi Jepang yang mengadaptasi anime meliputi Death Note, Gantz, dan Samurai X. Ketiganya dianggap mampu merepresentasikan versi anime serta membuat para penggemarnya puas. Film Death Note digarap sangat apik baik dari adaptasi karakternya maupun ceritanya. Bagi yang sudah menontonnya pasti masih ingat dengan beberapa karakter dalam film yang mirip sekali dengan yang ada di versi anime-nya, misalnya L sang detektif terhebat di dunia, dua shinigami (dewa kematian) Ryuk dan Rem, serta Misa. Bahkan adaptasi ceritanya-pun dianggap lebih memuaskan daripada versi anime-nya.

Begitu pula dengan Gantz, banyak penggemar anime ini yang puas dengan garapan versi film adaptasinya. Yang terhangat tentu saja film yang mengadaptasi anime dengan cerita Battosai si pembantai, Samurai X. Film adaptasi tentang Kenshin Himura ini mendapatkan penonton terbanyak di bioskop-bioskop Jepang dibandingkan dengan film yang diputar di saat yang sama. Jadi bisa disimpulkan bahwa untuk urusan produksi film adaptasi anime, Hollywood masih tidak bisa bersaing dengan Jepang.

[Red.infosiana/2015]

Tags:
Categorised in: ,

3 Comments for Urusan Film Adaptasi Anime, Jepang Ahlinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!