Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Health » Sejarah Penemuan Virus Pertama Kali

Sejarah Penemuan Virus Pertama Kali

(2164 Views) September 11, 2014 7:24 pm | Published by | 1 Comment

virusanatomyInfoSiana.Com – Sejarah ditemukannya Virus berawal dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Adolf Mayer yang merupakan seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman. Pada tahun 1883, Adolf Mayer meneliti gejala penyakit aneh pada tanaman tembakau untuk mencari penyebab penyakit mosaic yang berakibat pada terhambatnya pertumbuhannya tembakau. Akhirnya dia menyimpulkan bahwa penyakit aneh tersebut disebabkan oleh bakteri yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mikroskop.

Pada tahun 1892, seorang ilmuwan Rusia bernama Dimitri Ivanowsky juga melakukan eksperimen dengan cara menyaring getah tembakau menggunakan saringan khusus bakteri. Setelah getah tersebut disaring kemudian disemprotkan pada tanaman tembakau yang sehat dan ternyata diketahui ikut tertular penyakit mosaic tersebut. Akhirnya Ivanowsky menyimpulkan dua hal yakni penyakit tersebut terjadi karena ukuran bakteri tersebut sangat kecil dan bakteri tersebut memiliki kemampuan mengeluarkan toksin yang bisa menembus pori-pori saringan bakteri.

Pada 1897 pendapat Ivanowsky akhirnya digugurkan setelah Martinus Beijerinck, ilmuwan Belanda, menyimpulkan hasil penelitiannya bahwa patogen penyebab penyakit mosaik tembakau bukan disebabkan oleh bakteri melainkan oleh Contagium Vivum Fluidum alias cairan hidup pembawa penyakit. Ivanowsky membuat kesimpulan demikian setelah mengetahui bahwa agen infeksi dalam getah tembakau yang telah disaring mampu mereproduksi penyakit dengan keampuan yang sama. Dalam waktu yang hamper bersamaan, tepatnya pada tahun 1898, Loeffler dan Frosch mengidentifikasi patogen penyebab penyakit mulut dan kaki sapi yang berukuran lebih kecil dari bakteri. Namun definisi tentang virus masih menjadi misteri kala itu.

Definisi tentang parasit mikroskopik yang memiliki kemampuan menginfeksi sel organisme akhirnya terpecahkan pada tahun 1935 setelah seorang ilmuwan AS, Wendell Meredith Stanley, berhasil mengkristalkan partikel penyebab penyakit mosaic tembakau yang kemudian dinamakan dengan istilah virus TMV. Penelitian tentang virus-pun berkembang hingga akhirnya virus TMV mosaic pada tembakau berhasil divisualisasikan dengan mikroskop elektron oleh beberapa ilmuwan Jerman G.A. Kausche, E. Pfankuch, dan H. Ruska pada tahun 1939.
Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, definisi virus sebagai makhluk hidup seringkali diperdebatkan. Hal ini dikarenakan virus tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya tanpa adanya sel inang.

[Red.infosiana/2014]

Tags:
Categorised in:

1 Comment for Sejarah Penemuan Virus Pertama Kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!