Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Teknologi » Pengertian Sederhana Tentang Apa itu Internet of Things (IoT)

Pengertian Sederhana Tentang Apa itu Internet of Things (IoT)

(243 Views) November 2, 2016 12:17 am | Published by | No comment

Internet of ThingsInfoSiana.Com – Sobat Infosiana, semakin lama perkembangan teknologi khususnya dalam bidang IT semakin pesat dan cepat berubah. Sebuah istilah baru akan lahir seiring dengan ditemukannya teknologi yang baru tersebut. Konsep terciptanya sebuah teknologi sebenarnya tidak terlepas dengan kebutuhan akan sesuatu yang bisa membantu memudahkan aktifitas kehidupan manusia.

Belakangan ini yang cukup populer adalah istilah Internet of Things (IoT). Internet of Things (IoT) secara sederhana dapat kita definisikan sebagai sebuah sistem atau modul dimana setiap benda atau alat bisa terkoneksi satu sama lain dalam sebuah sitem kerja jaringan seperti internet. Internet of Things (IoT) ini untuk pertama kalinya diangkat oleh Kevin Ashton pada tahun 1999. Kini konsep tersebut telah dikembangkangkan oleh beberapa perusahaan IT dunia seperti Microsoft, Intel, Oracle dsb.

Sebagian besar pemerhati IT memprediksi akan munculnya sebuah “sesuatu yang besar” sebagai akibat dari Internet of Things ini. Kenapa demikian? Sebab Internet of Things (IoT) pastinya akan memberikan banyak sekali potensi yang bisa dieksplorasi. Agar lebih mudah memahami konsep kerja dari Internet of Things (IoT) ini kami ambilkan sebuah contoh sederhana. Misalnya aturan perusahaan Anda mengharuskan Anda tiba dikantor pada pukul 07.00pagi, maka jam alarm yg sudah diprogram akan membangungunkan Anda pada pukul 05.00 sebelumnya, jam alarm tersebut juga secara otomatis memberikan pesan perintah ke mesin heater/pemanas air untuk menghangatkan dan memenuhi air di bak mandi, memberi perintah ke microwive untuk menghangatkan struddel untuk sarapan pagi, bahkan pesan perintah dikirim ke mobil untuk segera memanasi mesinnya sebelum dipakai berangkat. Dan masih banyak lagi perintah-perintah yang bisa terintegrasi satu sama lain.

Dalam skala yang lebih luas, Internet of Things (IoT) dapat diterapkan untuk membangun Smart City dimana setiap fasilitas yang ada akan saling menunjang dan terkoordinasi dengan cepat dan cerdas. Misalnya sistem transportasi darat, laut dan udara dalam sebuah kota terkoneksi dangan sistem informasi yang terintegrasi dengan konsep Internet of Things (IoT). Sehingga hal-hal memilukan dalam bidang transportasi yang sering kita alami seperti kemacetan, maskapai yang megabaikan penumpang, terlambatnya pengiriman barang via kapal laut bisa diatasi.

Internet of Things (IoT) akan memberikan sentuhan menakjubkan bagi aktifitas kerja manusia di masa yang akan datang. Sebab dimasa datang apapun yang ingin kita hubungkan dalam sistem Internet of Things (IoT) akan bisa terhubung. Kerja manusia akan semakin minim atau bahkan nyaris tidak ada sama sekali bilamana setiap aktifitas sudah diatasi oleh sistem kerja Internet of Things (IoT).

Geliat Internet of Things (IoT) akan semakin gemilang seiring waktunya. Bahkan menurut prediksi perusahaan IT ternama Cisco, pada tahun 2020, 50 milyar peralatan bakal akan terhubung dengan Internet, dan 400 juta diantara peralatan adalah perangkat wearables. Maka sudah siapkah kita menyaksikan dan menikmati sebuah teknologi berbasis Internet of Things (IoT) dalam kehidupan kita? [Red.infosiana/Nov, 2016]

Tags:
Categorised in:

No comment for Pengertian Sederhana Tentang Apa itu Internet of Things (IoT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!