Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Internasional » Mengenal Almarhum Lee Kuan Yew dari Singapura

Mengenal Almarhum Lee Kuan Yew dari Singapura

(1002 Views) March 31, 2015 1:29 pm | Published by | No comment

leekuanyewInfoSiana.Com – Sekitar seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 23 Maret 2013, Lee Kuan Yew yang terkenal sebagai Perdana Menteri Singapura menghembuskan nafas terakhirnya. Lee Kuan Yew lahir di Singapura pada tahun 1923. Ayahnya bernama Lee Chin Koon dan ibunya adalah Chua Jim Neo, seorang Penarakan. Lee Kuan Yew punya tiga saudara, yakni Dennis Lee Kim Yew (1933-2011) seorang pengacara, Freddy Lee Thiam Yew (1927-2012) seorang mantan direktur utama pialang saham J Ballas and Company, dan Dr Lee Suan Yew yang menjabat sebagai Presiden Singapore Medical Council; serta satu saudari bernama Monica Lee Kim Mon. Lee Kuan Yew bersama saudaranya yang bernama Dennis Lee Kim Yew sama-sama mengenyam pendidikan hukum di University of Cambridge. Hingga akhirnya mereka berdua mendirikan firma hukum bernama Lee & Lee.

Awal mula Lee Kuan Yew terjun ke ranah politik terjadi pada sekitar tahun 1951 sampai 1959. Pada tanggal 12 November 1954, Lee, bersama dengan sekelompok pria kelas menengah berkemampuan bahasa Inggris yang menjadi rekannya, membentuk sebuah partai aliran sosialis bernama People’s Action Party (PAP) yang bersekutu dengan serikat perdagangan pro-komunis. Pada waktu itu, hampir 70% warga Singapura berbahasa China dan memiliki bahasa ibu berbagai dialek China. Hanya 20% dari populasi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya, sehingga menjadi minoritas di sana. Tujuan utama partai PAP adalah mendukung mati-matian pemerintahan yang bebas dari penjajahan dan menghentikan kekuasaan kolonial Inggris pada saat itu.

Lee Kuan Yew dan istri semasa tua
Pada pemilihan umum tanggal 30 Mei 1959, partai PAP memenangkan 43 dari 51 kursi di majelis legislatif. Saat itu Singapura mulai menjalankan sendiri pemerintahannya di semua bidang kecuali pertahanan dan urusan luar negeri, dan Lee Kuan Yew menjadi Perdana Menteri pertama Singapura pada tanggal 3 Juni 1959. Pada 16 September 1963, Singapura menjadi bagian dari Malaysia, meskipun hanya berlangsung sebentar karena pemerintah pusat Malaysia khawatir dengan masuknya mayoritas China Singapura dan tantangan politik dari PAP. Meskipun begitu, selama menjadi Perdana Menteri mulai tahun 1959 sampai 1990, Lee telah berhasil mengentaskan Singapura dari negara dunia ketiga menjadi negara yang maju. Tahun 1990 sampai 2004, Lee menjabat sebagai menteri senior dan tahun 2004 sampai 2010, Lee menjabat sebagai penasihat menteri. Hingga akhirnya pada Maret 2015 Lee Kuan Yew meninggal dunia setelah masuk rumah sakit karena mengidap radang paru-paru akut.

[Red.Infosiana/2015]

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Lee_Kuan_Yew

Tags:
Categorised in:

No comment for Mengenal Almarhum Lee Kuan Yew dari Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!