Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Islami » Hari Hijab Sedunia 1 Februari (World Hijab Day)

Hari Hijab Sedunia 1 Februari (World Hijab Day)

(1579 Views) June 11, 2014 10:02 pm | Published by | No comment

worldhijabdayInfoSiana.Com –  Semakin berkembangnya Islam sebagai agama terbesar di dunia turut mendorong umat Islam untuk semakin terbuka dan maju. Salah satu yang menjadi ciri dan karakteristik Islam adalah Hijab atau Jilbab yang dikenakan oleh muslimah. Banyak sekali trend mode dan fashion yang mengambil tema hijab didasari karena mereka adalah seorang muslimah. Di Indonesia Jilbab sangat unik dan beraneka ragam. Keunikan jilbab yang dipakai para muslimah Indonesia dengan ragam corak dan warna kian diminati oleh para hijaber/pengguna hijab dari seluruh dunia. Dengan adanya trend mode dan gaya Hijab tersebut membuat para muslimah tertarik untuk memakai hijab/Jilbab.

Sebagai seorang muslimah sudah menjadi kewajiban untuk menggenakkan jilbab. Hal ini didasari pada perintah Al Qur’an yang menganjurkan seluruh muslimah untuk menggenakan Jilbab sebagai ciri dan penutup aurat yang syar’i. Tidak hanya di Indonesia saja yang mayoritasnya muslim, dinegara dengan umat muslim sebagai minoritas pun jilbab kian popular dan bahkan pemerintah mereka mengijinkan warganya yang muslim untuk berjilbab.

Sebuah program yang sangat menggembirakan justru berasal dari Amerika Serikat. Seorang muslimah bernama Nazma Khan bahkan mengimbau seluruh warga dunia untuk menghormati muslimah yang menggenakan jilbab. Hal ini ia tuangkan dalam ide dan gagasannya dalam merancang sebuah gerakan bernama World Hijab Day dan tanggal 1 Februari  dipilih sebagai hari hijab sedunia. “Hal ini sangat bagus apabila semua muslimah ikut merayakannya dengan menggenakan jilbab mereka sehari itu saja apabila belum bisa menggenakannya setiap hari. Dan bagi yang non-muslim pasti aka nada inisiatif dari mereka untuk mencari informasi tentang apa itu sebenarnya hijab” ujarnya di website worldhijabday.com.

Sebenarnya momen  ini sudah pernah digelar pada tahun lalu dan dalam satu minggu saja tercatat 67 negara berkontribusi untuk mendukung gerakan World Hijab Day.  Apa yang dilakukan Nazma Khan pada waktu itu sebetulnya bukanlah sebuah gerakan real untuk berkumpul mengadakan acara resmi namun merupakan sebuah gerakan petisi atau himbauan agar para muslimah menggenakan jilbabnya pada hari itu. Petisi tersebut ia publih dan ia terjemahkan kedalam 23 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Ternyata respons para hijaber diseluruh dunia sangat positif dan mereka antusias mendukung Nazma bahkan tidak sedikit dari mereka yang bercerita tentang pengalamannya sewaktu pertama kali menggenkan jilbab pada wall fb nya. Disamping itu ada juga testimoni dari wanita non-muslim yang menyatakan bahwa dengan adanya hari World Hijab Day  mereka akhirnya tahu apa itu hijab dan apa itu manfaat menggenakan hijab.

World Hijab Day bertujuan untuk merajut solidaritas para muslimah diseluruh dunia untuk menggenakan hijab yang merupakan identitas dan perintah agama. Mereka seolah bersatu dan member dukungan moral dan kekuatan khususnya bagi warga muslim minoritas yang masih mendapatkan penolakan dan deskriminasi dari lingkungannya karena mereka menggenakan hijab.

Momen World Hijab Day ini seolah menjadi kekuatan bagi mereka bahwa keputusan untuk menggenakan hijab bukanlah hal yang salah namun justru sebaliknya karena telah ikut menegakkan perintah agama Allah SWT. Namun bagi yang belum memutuskan untuk berjilbab maka melalui World Hijab Day mereka ingin menyapa hati muslimah agar menutup auratnya. Semoga gerakan World Hijab Day yang jatuh pada 1 Februari nanti berhasil dan berjalan sukses. Amin Ya Robbal Alamin.

[Red.infosiana/2014]

Categorised in:

No comment for Hari Hijab Sedunia 1 Februari (World Hijab Day)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!