Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Teknologi » Gadget » Brand Teknologi Dunia Yang Terancam Jatuh di 2014

Brand Teknologi Dunia Yang Terancam Jatuh di 2014

(710 Views) January 9, 2014 4:42 pm | Published by | No comment

InfoSiana.Com – Tahun 2014 ini akan menjadi tahun yang sangat berat bagi sejumlah brand ternama yang sempat berjaya dijagad komputer dan gadget. Disamping banyak bermunculan brand-brand baru yang akan menjadi kompetitor, brand lama ini sepertinya tidak memiliki senjata ampuh untuk meyakinkan kepercayaan dan kepuasan konsumen atas produk yang mereka luncurkan. Seperti halnya yang kita ketahui di tahun 2014 ini beberapa merk diindikasikan menjadi bulan bulanan bahkan ada yang menyatakan bakal bangkrut di tahun ini. Menurut situs Malaysiandigest setidaknya akan ada beberapa merek tersohor yang bakal tutup diantaranya:

1. Nokia
Siapa sih yang tidak tahu Nokia? Kalo tidak tahu pasti deh orang itu bukan dari peradaban jaman sekarang. Menurut analisa dari Brand Consultant Asia, Nokia bakal mengalami kesulian yang menjadikan perusahaan itu terpuruk di tahun 2014 ini. Bila beberapa tahun silam brand ini sangat berjaya dan menjadi master brand, maka semua itu bakal musnah seiring dengan penurunan pangsa pasar Nokia sejak 2010 yaitu dari 36,4 persen ke 28,9 persen.

Walaupun sempat tumbuh dengan produk Lumia, kenyataannya Lumia masih belum cukup tangguh mengembalikan kejayaan Nokia di masa lalu. Seperti yang kita ketahui bahwa Lumia dipersenjatai dengan OS Windows Phone dari Microsoft yang masih tumbuh lambat dan sangat sulit untuk sejajar dengan iOS atau Android. Dalam kurun waktu 2012 -2013 Windows Phone hanya mampu menaikkan pasar 2,1 persen dalam skala global.

2. BlackBerry
Dunia semakin kejam bagi produsen smartphone asal Amerika ini. Pasalnya semakin sedikit saja negara yang menggunakan Blackberry. Namun sungguh mengejutkan ternyata justru di negara kita lah produk ini sangat populer dan salah satu pengguna terbesar di dunia.

Namun zaman tampaknya juga akan berpaling dari Blackberry karena semakin lama pengguna Blackberry mulai beralih menggunakan smartphone merk lainnya yang boleh dikatakan lebih agresif menekan pasar. Sebut saja Samsung, Apple, LG, HTC, Huawei, Sony dan bahkan Nokia yang sedang dimasa sulit masih cukup memberikan sedikit tekanan pasar sehingga menjadikan posisi BlackBerry semakin sulit.

Kondisi sekarang memang sangat sulit bagi Blackberry untuk bangkit. Andanya (BBM) BlackBerry Messenger (BBM) juga tidak mampu menaikkan ritme yang signifikan. Bahkan hal itu diperpuruk dengan hadirnya aplikasi chatting yang lain seperti Line ,WhatsApp, KakaoTalk, dsb. Pertengahan 2013 akhirnya BlackBerry membuka kran (BBM) mereka sehingga pengguna Android dan iOS dapat menggunakan BBM di smartphone mereka. Namun banyak analis menyatakan bahwa itu merupakan Blunder bagi BlackBerry.

Analis dari Brand Consultant Asia memprediksikan bahwa BlackBerry sudah parah. Pada 2013 kemarin saja lebih dari 4500 karyawan BlackBerry di PHK demi mempertahankan stabilitas keuangan perusahaan. Disamping itu penjualan akhir akhir ini yang diemban oleh produk layar sentuh mereka seperti Blackberry Z10 sampai dengan Q10 juga tidak memuaskan.

Mau tidak mau, walaupun dalam masa yang sangat sulit BlackBerry masih harus mengembangkan inovasi mereka agar dapat survive dijagat pasar Gadget dunia.

3. Dell
Dell dikenal sebagai brand PC handal dunia. Angka penjualannya pada tahun 2000 pernah mencapai angka tertinggi melampaui penjualan vendor lainnya. Namun pada 2014 sepertinya menjadi tahun yang jelek bagi Dell. Penjualan Del akhir akhir ini menurun drastis akibat tergerus dengan persaingan tablet. Laba bersih Dell pada kuartal kedua di tahun 2013 bahkan anjlok dengan penurunan sekitar 72 persen secara global.

Hal ini diperparah dengan tantangan dari sang penguasa jagad teknolodgi di dunia yakni Samsung yang menyatakan bakal fokus dan intens meningkatkan produksi perangkat tablet pada tahun 2014. Kita tidak bisa membayangkan bagaimana terpuruknya pasar PC dan otomatis menjadi ancaman besar bagi Dell. Mampukah Dell bertahan hidup dipusaran jebloknya pasar produk mereka?

4. Windows
Siapa yang menyangka bila sewaktu-waktu Windows bakal tutup? Walaupun kita sudah cukup akrab dengan Windows, namun perlu kita ketahui bahwa OS yang sempat menguasai 90 persen bisnis pengembangan OS di seluruh dunia ini sekarang telah menyusut tajam hingga kekuatannta sekitar 15 persen saja.

Walaupun sempat mengeluarkan Windows 8 sebagai senjata ampuhnya pada akhir 2012, Namun nyatanya Windows 8 gagal mencapai ekspektasi untuk menaikkan kembali pasar Windows.

Menurut Malaysiandigest Windows bakal kesulitan pada tahun ini yang disebabkan oleh perubahan yang dilakukan Windows dinilai terlalu radikal sehingga Windows 8 akhirnya tidak selaris Windows 7 dan Windows XP. Meski angka penjualannya tidak menanjak signifikan namun data keuangan Microsoft ternyata membuktikan bahwa penjualan OS mereka berjalan pelan. Dilansir dari ZDNet pada akhir Oktober 2013 pendapatan dari lini software mereka pada semester pertama 2013 adalah USD 32.990.

Penjualan OS untuk PC memang masih abu abu mengingat sekarang pasar PC kian tergencet dengan pasar Gadget. Namun kata runtuh dan mati bagi Windows sepertinya masih jauh meskipun mereka mengalami penurunan tajam dalam bisnis penjualan OS.

Source: www.merdeka.com

[Red. infosiana/2014]

Categorised in: , ,

No comment for Brand Teknologi Dunia Yang Terancam Jatuh di 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!