Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya » Arti dan Cara Merespon Pertanyaan What’s up?

Arti dan Cara Merespon Pertanyaan What’s up?

(13993 Views) November 13, 2016 7:35 am | Published by | No comment

whatsup-img

InfoSiana.Com – Hallo sobat infosiana! Kebetulan ini hari libur jadi admin mau update sebuah artikel tentang slang dalam bahasa Inggris yang sangat populer digunakan.  Perlu diketahui bahwa slang merupakan sebuah ragam bahasa informal atau tidak resmi dan biasanya digunakan oleh seseorang atau komunitas yang sudah saling kenal/akrab. Di Indonesia slang bisa kita artikan sebagai ragam bahasa gaul.

Salah satu contoh dari slang sangatlah banyak. Diantaranya adalah “What’s up?”, “Whatcha doin?”, “How’s life?” dsb. Dalam mengartikaan makna dari slang tentunya kita tidak bisa langsung mengartikannya secara leksikal sebab slang biasanya memiliki makna yang berbeda dari makna dasarnya. Kalimat “What’s up?” Contohnya, kalimat ini apabila kita artikan secara leksikal maka bisa saja berarti “Ada apa di atas?”. Tentunya aneh bukan? padahal maksud dari slang kalimat tersebut tidaklah demikian.

Ok, pada kesempatan ini mari kita fokus mendalami makna dari slang “What’s up?” ini. “What’s up?” merupakan bentuk daripada kalimat informal dan kadang dijadikan sebagai ungkapan basa-basi tanpa maksud serius untuk bertanya. Kalimat pertanyaan “What’s up?” sebenarnya bentuk informal dari kalimat “What are you up to? atau “What’ve you been up to?”. Sedangkan dalam makna kalimatnya, “What’s up?” lebih tepatnya sama dengan makna kalimat  “What are you doing?“; “What have you been doing?“; “What is going on (with your life)?”. Karena ketiga kalimat terakhir tersebut merupakan bentuk formal dari kali kalimat pertanyaan “What’s up?”.

Ingat bahwa pertanyaan “What’s up?” ini merupakan bentuk informal, jadi dalam situasi formal maka “What’s up?” tidak lazim digunakan. Makna kalimat “What’s up?” dalam bahasa Indonesia hampir sama dengan kalimat “lagi ngapain?”; “sedang apa?”; “gimana kabarnya?”; “gimana perkembangannya?”, dsb. Biasanya pertanyaan “What’s up?” ini digunakan dalam percakapan oleh personal-personal yang sudah saling mengenal. Sedangkan jawaban atau respon yang tepat untuk menjawab kalimat sapaan “What’s up?” harus dilihat dari konteks kalimat pertanyaanya juga bro!.

  • “What’s up?” sebagai kalimat sapaan Hi? atau Hello?

Konteks ini merupakan konteks sapaan basa-basi tanpa ada maksud untuk bertanya secara serius. Biasanya jawaban untuk pertanyaan seperti ini adalah ”Nothing much”, “Not much“ atau bahkan tidak perlu untuk dijawab.

Contoh:

Q: Hey There! What’s up?
A: Oh not much. What’s up with you?

  • “What’s up?” untuk mempertanyakan kabar/perkembangan terbaru.

Misalnya kita bertemu teman akrab kita yang lumayan lama tidak bertemu.

Contoh:

Tommy: “What’s up?”
Betty    : “Good/Super/Ok/nothing … ”

Misalnya kita bertanya perkembangan kesehatan kita kepada dokter yang sudah kita kenal.

Contoh:
Mira: “What’s up, Doc?”
Doctor: “Your health is getting better”

  • “What’s up?” untuk menanyakan masalah/hal yang sedang terjadi?

Misalnya kita ingin bertanya tentang masalah/hal yang menimpa pada teman kita.

Contoh:

Sany: Hi Halim, you look so sad and funny. “What’s up?”
Halim: Oh, sany how dare you! I’ve just broke up with my girlfriend.

Sekian informasi tentang Arti dan Cara Merespon Pertanyaan What’s up? ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentarnya ya…   Terima kasih. [Red.infosiana/Nov, 2016]

Tags:
Categorised in:

No comment for Arti dan Cara Merespon Pertanyaan What’s up?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!