Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Health » 10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

(530 Views) February 23, 2016 8:23 am | Published by | No comment

sun-for-healthInfoSiana.Com – Sobat, tahukah kalian bahwa sinar matahari merupakan suatu berkah yang luar biasa bagi kesehatan dan kelangsungan hidup umat manusia? Coba kita renungkan sejenak bila seandainya kita hidup tanpa adanya sinar matahari sehari saja? Pastinya sangat sulit dan tentunya penyakit bisa dengan mudah menyerang kita.
Sinar matahari adalah salah satu sumber kehidupan esensial yang ada di planet kita. Hampir semua mahluk hidup yang ada di bumi membutuhkan sinar matahari. Dengan adanya sinar matahari, keberlangsungan hidup setiap orgaanisme tersebut akan berjalan secara teratur dan seimbang.
Menurut penelitian, matahari memancarkan sedikitnya tiga sinar radiasi, yakni: sinar ultraviolet, sinar tampak, dan sinar inframerah. Diantara radiasi yang sangat populer bagi kesehatan tubuh kita adalah radiasi sinar ultra violet (UV). Ultraviolet adalah sinar radiasi dari matahari yang kaya akan vitamin D alami dan sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Bahasan mengenai manfaat sinar matahari ini lebih lengkapnya akan kami jabarkan pada beberapa point dibawah ini:

  1. Sumber vitamin D alami
    Sudah kami singgung diatas bahwa matahari memancarkan sinar radidiasi ultraviolet yang merupakan sumber vitamin D alami. Mengapa demikian? sebab sinar radiasi ultraviolet ini sewaktu sampai pada tubuh kita maka sinarnya akan tersaring oleh kulit kita dan bereaksi untuk merubah simpanan kolesterol pada kulit menjadi vitamin D. Ilmuwan menjelaskan bahwa apabila kita terkena sinar matahari pagi selama 5 menit maka itu berarti kita sama dengan menerima 400 unit vitamin D.
  2. Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang
    Kita tahu bahwa vitamin D dalam tubuh dapat membantu penyerapan kalsium didalam tubuh kita. Jadi dengan vitamin D yang kita dapatkan dari sinar matahari maka kebutuhan akan kalsium dalam tubuh akan tersuplay dengan baik. Kalsium dalam tubuh bermanfaat sangat besar bagi pembentukan dan perbaikan tulang serta dapat mencegah berbagai penyakit tulang seperti rakhitis dan osteoporosis.
  3. Menurunkan Kadar Gula Darah
    Sinar matahari juga merupakan insulin alami yang berdampak positif dalam memudahkan glokusa untuk diserap masuk kedalam sel-sel tubuh. Sehingga pada fase berikutnya sel-sel tubuh akan mengubah gula darah menjadi glycogen. Glycogen kemudian akan tersimpan di hati dan otot sehingga dalam proses ini tadi kadar gula dalam darah telah mengalami penurunan.
  4. Mengontrol Kadar Kolesterol Darah
    Sinar matahari yang sampai pada tubuh kita berkhasiat mengubah kolesterol yang tersimpan dibawah lapisan kulit menjadi vitamin D. Selanjutnya kolesterol yang berada dalam darah akan merespon untuk bergerak keluar menggantikan kolesterol yang telah diubah menjadi vitamin D tadi. Sehingga kadar kolesterol dalam darah menjadi terkontrol.
  5. Membantu Kualitas Pernafasan.
    Kita tahu bahwa sinar matahari dapat mengubah glukosa dalam darah menjadi glycogen. Sebagai reaksinya kapasitas darah dalam membawa oksigen akan terjadi peningkatan sehingga kualitas bernafas kita semakin baik.
  6. Membunuh Bakteri
    Sinar matahari terbukti mampu membunuh bakteri penyebab penyakit. Tidak hanya bakteri, jamur dan virus pun juga bisa mati bla terkena sinar matahari terutama sinar ultraviolet. Sehingga tidak diherankan lagi bahwa pada kasus penderita penyakit TBC, pneumonia, asma dsb disarankan untuk melakukan terapi sinar matahari.
  7. Sistem Imun Kekebalan
    Menurut penelitian, sinar matahari akan meningkatkan jumlah sel darah putih/ limfosit yang berfungsi untuk menyerang penyakit. Inilah yang kita maksud dengan sistem kekebalan tubuh. Riset membuktikan bahwa bila kita berjemur selama 10 menit minimal seminggu dua kali maka kita bisa terhindar dari resiko terkena flu hingga 30%.
  8. Sebagai Analgesik Alami
    Sinar matahari ternyata berperan sebagai analgesik atau pereda rasa sakit yang murah alami. Menurut penelitian di beberapa universitas di negara barat, bahwa pasien pasca operasi akan merasa rileks dan rasa sakitnya sedikit berkurang ketika ditaruh dikamar yang terpapar sinar matahari.
  9. Mencegah Hipertensi, Serangan Jantung dan Stroke
    Menurut Martin Feelisch, Ilmuwan dari Universitas Southampton, Bahwa sinar matahari berfungsi untuk mentransfer sejumlah nitric Oxide (NO) dari kulit kedalam sirkulasi darah sehingga tekanan pembuluh darah akan menurun. Sehingga hal ini bisa menurunkan resiko Hipertensi, Serangan Jantung dan Stroke.
  10. Mempengaruhi Mood Tubuh
    Sinar matahari berkhasiat memicu otak dalam melepaskan Hormon Serotonin ke dalam darah. Hormon serotonin ini merupakan unsur kimia yang baik dan berfungsi memberikan perasaan senang dan mengendalikan mood seseorang. Oleh karena itu, apabila seseorang jarang terkena sinar matahari dan sering bekerja didalam ruangan maka biasanya akan mudah terkena stres.

Demikian uraian singkat mengenai 10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi kita. Semoga artikel ini juga bisa membuka hati kita agar selalu menjadi pribadi yang bersyukur atas nikmat yang tuhan berikan berupa sinar matahari yang manfaatnya sungguh luar biasa diluar anggapan awam kita semua. Teima kasih. [Red.infosiana/Feb, 2016]

Categorised in:

No comment for 10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!